BAB II
KAJIAN PUSTAKA
Dalam bab in
penulis akan menuliskan isi masa kemunduran pendidikan
islam,pengertian,pendapat dari para ahli.tujuan penulis memeberikaan
pengertian-pengertian tersebut adalah untuk memperjelas/menginformasikan kepada
pembaca supaya lebih paham dan mengerti tentang makalah ini.setelah pembaca
membaca bab ke II ini, pasti akan lebih jeas untuk memahami isi dari bab II.
2.1 Kejatuhan Baghdad
Pada masa kejayaan islam yang
terletak pada kekuasaan daulah bani abbasiyah telaha banyak bangunan-bangunan,pengembangan
ilmu pengetahuan,dan intelektual melalui perpustakaan seperti baitul
hikmah.sebagaimana pemerintahan atau kekuasaan islam yang pernah jaya ,juga
tidak lepas dari kemunduran atau keruntuhan,begitu juga dengan pendidikan islam.para
sejarawan memantapkan bahwa kejatuhan Baghdad dari timur(1258) dan cordova di
barat(1236) sebagai awal periode kemunduran yang tidak terlepas dari konotasi
kemunduran pendidikan yang ditandai kemunduran intelektual.berikut
factor-faktor yang membuat Baghdad menjadi lemah kemudian hancur
FAKTOR INTERN:
1. Adanya
persaingan tidak sehat antara Negara-negara yang terhimpun dalam Daulah
Abbasiyah terutama Arab,Turki dan
Persia.
2. Adanya konflik
aliran pemikira n dalam islam yang sering menimbulkan konflik berdarah.
3. Munculnya
dinasti-dinasti kecil yang memerdekakan diri dari daulah Abbasyah.
4. Kemrosotan
ekonomi akibat kemunduran politik.
FAKTOR EKSTERN:
1. Perang salib
yang terjadi dalam beberapa gelombang
2. Hadirnya tentara
Mongol dibawah pimpinan Hulagu Khan.
Dengan hadir
nya tentara mongol pusat ilmu-ilmu pengetahuan baik yang berupa perpustakaan
dan lembaga pendidikan mereka bakar sampai punah tak berbekas.oleh karena itu
Islam tidak dapat melahirkan pemikir-pemikir yang kritis.
2.2 Kejatuhan Cordova (Spanyol)
Spanyol ditaklukan ditaklukan oleh
tiga orang pemimpin dari dinasti Ummayah yang berkedudukan di Damaskus mereka
adalah Tharif bin Malik,Thariq bin Ziad dan Musa bin Nushair yang mampu
mengalahkan Raja Spanyol Roderick.Daulah Bani Ummayah membangun kekuasaan di
Spanyoldengan menamakan Daulah Bani Umayyah(756-1031)menjadikan cordova sebagai
ibu kota.Cordova memasuki kejayaan dibawah pemerintaha Abdurrohman III
(912-961) DAN Al hakam(961-976).Sejak saat itu Cordova melangkah maju kemajuan
tersebut dapat dilihat dalam berbagai bidang. Antara lain bidang pendidikan
,ilmu pengetahuan,dan intelektual.Pada saat itu Cordova mempunyai Universitas
tersohor kebanggan umat Islam.Sehingga dalam waktu singkat Spanyol menjadi
pusat pengembangan ilmu Islam di belahan barat.Setelah mengalami kemajuan dan
kesuksesan selama 8 abad Spanyol mengalami kemunduran dan kehancuran disebabkan
oleh beberapa factor antara lain:
a) Tidak jelasnya
sistem peralihan kekuasaan yang menyebabkn munculnya konflik perebutan
kekuasaan diantara ahli waris.
b) Lemahnya figure
atau karismatik yang dimiliki Khalifah khususnya setelah khalifah AL-hakam II.
c) Perselisihan
diantara umat itu sendiri
d) Konflik Islam
dengan kristen karena kebijakan penguasa yang tidak melakukan Islamisasi secara
sempurna.
e) Serangan dari
Kristen kondisi ini diperburuk dengan keterpencilan Islam di Spanyol dari dunia
Islam yang lain.
2.3 Kemunduran Pendidikan Islam Pasca
Kejatuhan Baghdad dan Spanyol
Kehancuran total yang dialami
Baghdad dan Cordova sebagai pusat pendidikan dan kebudayaan Islam terutama
dalam bidang intelektual dan material.Pada saat bangsa eropa tengah sibuk
melepaskan armada-aramadanya mengarungi lautan untuk menjajah negeri Islam
sekaligus menyebarluaskan ajaran injil,pada saat itu daya in telektual generasi
penerus tidak mampu mengatasi persoalan-persoalan baru yanag dihadapi sebagai
akibat perubahan dan perkembanagan zaman.
Kehidupan suffi berkembang dengan
dengan pesat.Madrasah-madrasah yang ada dan berkembang diwarnai dengan
kegiatan-kegiatan suffi.Suffi dimasukkan kedalam kurikulum formal,akademis
,sehingga ilmu pengetahuan umum sempit .Kebekuan intelektual dalam kehidupan
kaum muslimin diwarnai dengan berkembangya berbagai macam aliran suffi yang
terlalu toleran terhadap ajran mistis yang berasal daari ajaran agama
lain,telah memunculkan berbagai tarekat yang menyimpang jauh dari ajaran Islam.
Asrohah,Hanun,sejarah
peradaban islam,Jakarta:wacana ilmu,2001.
Djojosuworno,sejarah
dan falsafat pendidikan islam,Jakarta:bulan bintang,Tt.
Santoso,slamet
imam,pendidikan di Indonesia dari masa kemasa,Jakarta:masagung,1987.
Langgulung,Hassan,filsafat
pendidikan islam,trj,Jakarta:wacana ilmu,2001.
Yatim,badri,sejarah
peradaban islam,Jakarta:wacana ilmu,2001
Sepanjang
sejarah sejak awal dalam pemikiran terlibat dua pola yang saling berlomba
mengembangakan diri dan mempunyai pengaruh besar dalam pengembangan pola
pendididkan islam .kedua pola tersebut adalah pola pemikiran tradisional dan
pola pemikiran rasional.
pola tradisional itu mendasarkan diri pada wahyu ,yang
kemudian berkembang menjadi pola pemikiran sufitis yang sangat memperhatikan
aspek-aspek bathiniyah dan akhlak atau budi pekerti manusia.sedangkan pola
pemikiran rasional ,mementingkan akal
pikiran yang menimbulkan pola pendidikan empiris rasional yang sangat
memperhatikan pendidikan intelektual dan penguasaan material.
pada masa jayanya pendidikan islam,kedua pola pendidikan
tersebut menghiasi dunia islam yang saling padu dan melengkapi.tetapi pola
pemikiran rasional diambil alih oleh eropa dan dunia islam hanya pemikiran
sufitis yang sifatnya hanya memperhatikan kehidupan bathin yang akhirnya
mengabaikan dunia material dari sinilah dikatakan bahwa pendidikan dan
kebudayaan islam mengalami kemunduran.kemunduran suatu peradaban tidak bias
dikaitkan dengan satu atau dua factor saja .karena peradaban adalah sebuah
organism yang sistematik,maka jatuh bangunya sebuah peradaban juga sebuah
sistematik.setidaknya antara satu factor dengan factor lainya,yang secara umum
dibagi menjadi factor eksternal dan internal.
Factor penyebab kemunduran umat islam secara eksternal kita
rujuk paparan al-Hasan:
1. Factor ekologi
dan alami, yaitu kondisi tanah dimana Negara-negara islam berada adalah
gersang.kondisi ini rentan dari sisi pertahanan dari serangan luar.pada tahun
1347-1349 terjadi wabah penyakit yang mematikan di Mesir,Syiria dan Iraq.karena
factor ini penduduk tidak terkonsentrasi pada suatu kawasan tertentu dan pada
pendidikan.
2. Perang salib
yang terjadi dari 1096-1270 dan serangan Mongol dari tahun 1220-1300an perang
salib menurut Bernard lewispada dasarny merupakan pengalamn pertam a
imperialism berat yang ekspansionis,yang di
motivasi oleh tujuan materi dengan menggunakan agam sebagian medium
psikologisnya
3. Hilangnya
perdagangan Islam internasional dan munculnya kekuatan barat.pada tahun 1492
Granada jatuh dan secara kebetulan Columbus mulai petualanganya dalam mencari
rut eke india ia menempuh jalur yang melewati Negara-negara islam.pada saat
disaat itu kekuatan islam baik di laut maupun didarat mulai memudar.akhirnya
pos-pos perdaganagan mudah dikuasai mereka.bukan berarti peradaban umat muslim
tidak bisa bangkit lagi.peradaban islam berkembang secara perlahan tetapi
kolonialis melihat kekuatan islam berhasil mempersatukan ras ,kultur,etnik
.tetapi kolonialis berhasil memecah kestuan umat Islam dengan cara devide et
impera sehingga terjadi konflik intern dan akhirnya negara islam menjadi
terfragmentasi menjadi negar-negara kecil
Menurut Para Ahli
1. Akibat
ditutupnya pintu ijtihad sejak abad ke-4 H/10M,dan abad ke 5H/11.Telah membawa
kemacetan umum dalam ilmu hokum dan ilmu intelektual ilmu intelektuak
teologi,dan pemikiran agam sangat mengalami kemunduran menjadi
miskin.(Fazlurrahman)
2. Factor-faktor
yang menyebabkan runtuhnya sebuah peradaban dapat runtuh karena timbulnya
materialisme,yaitu kegemaran penguasa dan masyarakat menerapkan gaya hidup
malas yang disertai bermewah-mewahan.(Ibnu Khaldun)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar